By - - 0 Comments

wonosobo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan udaranya yang dingin dan sejuk. Alhasil, banyak wisatawan yang datang ke kabupaten di jawa tengah ini untuk menikmati kesegaran udara dan menikmati suasana yang jauh dari hingar-bingar serta polusi di kota besar.

Ternyata, di Wonosobo, pengunjung tidak hanya bisa melakukan wisata jalan-jalan. Terdapat banyak sekali tempat di Wonosobo untuk melakukan wisata kuliner alias jalan-jalan plus makan-makan. Bagi yang memang cinta makanan dan ingin memanjakan lidah di Wonosobo, ada beberapa warung atau tempat makan yang harus dikunjungi. Semuanya menyediakan sajian khas Wonosobo dan aneka kuliner lezat lainnya.

Jika ada agenda untuk pergi dan main ke Wonosobo, jangan lupa kunjungi restoran atau tempat kulineran yang ada di daftar ini. Semuanya cocok untuk melakukan wisata kuliner bersama dengan teman-teman atau dengan keluarga yang sama-sama berlibur di Wonosobo. Ini dia daftar wisata kuliner yang layak Anda coba.

1. Mie Ongklok pak muhadi

Mie Ongklok Pak Muhadi

Sajian khas Wonosobo yang paling terkenal di pelosok Nusantara adalah mie ongklok. Semangkuk mie ongklok dijamin akan menghangatkan badan di tengah hawa dingin kota Wonosobo. Mie ongklok adalah sajian mie berkuah kental dengan aneka toping seperti kacang dan kerupuk di atasnya. Rasanya sangat lezat dan gurih ketika disantap.

Salah satu tempat paling wajib dikunjungi ketika ingin makan mie ongklok adalah warung Mie Ongklok Pak Muhadi. Tempat ini sudah sangat terkenal seantero Womosobo sebagai tempat makan mie ongklok dengan rasa terbaik dan juga dengan harga yang tidak membuat kantong kering. Tak heran jika warungnya selalu ramai dan padat pengunjung.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

2. Soto Sapi Wonosobo EDS

Soto Sapi Wonosobo EDS

Karena Wonosobo memang berhawa dingin, maka tak heran jika banyak jenis kuliner di kota ini yang melibatkan kuah panas dengan harapan akan menghangatkan tubuh. Salah satunya adalah soto. Di Wonosobo, soto memiliki ciri khas kuah yang bening namun sangat gurih dan kaya rasa. Daging yang digunakan juga biasanya berupa potongan daging sapi nan empuk.

Untuk menikmati soto sapi paling lezat di daerah Wonosobo, datang saja ke Soto Sapi Wonosobo EDS. Di sini terdapat aneka jenis makanan untuk dibeli namun soto sapi adalah andalannya. Terdapat juga aneka lauk-pauk yang tersedia untuk menemani soto tadi, seperti aneka gorengan, sate telur, kerupuk dan lain-lainnya.

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

3. Ayam Goreng Bugisan

Ayam Goreng Bugisan

Ayam goreng sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia sebagai masakan yang wajib dicoba di tiap daerah, tak terkecuali di Wonosobo. Ayam goreng di sini biasanya akan diungkep terlebih dahulu dengan aneka rempah dan bumbu. Setelah itu, ayam digoreng garing sehingga bagian luarnya renyah namun dalamnya sangat empuk.

Salah satu tempat untuk makan ayam goreng lezat di Wonosobo adalah resto Ayam Goreng Bugisan. Di sini ayamnya besar-besar, empuk, dan terasa sangat berbumbu. Banyak orang yang datang ke sini untuk membeli ayam goreng baik dalam bentuk potongan ataupun ayam goreng yang utuh dan bisa dibagi-bagi sendiri bersama keluarga di rumah.

Lokasi: Jl. Masjid II No.mor 28, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

4. Sego Jagung Wonosobo

Sego Jagung Wonosobo

Jika ingin menikmati wisata kuliner yang unik, cobalah makan sego jagung alias nasi jagung. Nasi jenis ini sudah tidak umum lagi dan membuatnya menjadi unik. Sego jagung biasanya dibuat dengan menambahkan pipilan jagung dalam liwetan nasi putih. Bumbu-bumbu untuk menyedapkan juga ditambahkan ke dalam masakan sehingga nasi menjadi gurih.

Warung makan “Sego Jagung Wonosobo” menyediakan jenis kuliner ini. Di sini para wisatawan bisa menyantap sepiring sego jagung dan memilih aneka lauk yang akan disajikan bersama nasinya, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan lain-lainnya. Semuanya bisa didapatkan dengan harga yang super terjangkau di sini.

Lokasi: Jl. Sugondo, Kliwonan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

5. Restoran Asia

Restoran Asia

Masakan Asia memang tak ada duanya. Biasanya yang sangat identik dengan makanan Asia adalah semacam Chinese food atau masakan-masakan khas Tiongkok. Di Wonosobo, terdapat banyak sekali tempat yang menyediakan masakan Asia dalam berbagai varian, cocok untuk wisata kuliner tentu saja.

Coba saja datang ke Restoran Asia. Ya, nama restoran ini sudah menyiratkan masakan atau kuliner apakah yang dijual di dalamnya. Aneka Chinese food dan juga masakan khas Asia lainnya dijual di warung makan atau di resto yang memiliki desain elegan ini. Tempatnya membuat cocok bagi seluruh anggota keluarga untuk wisata kuliner di sini.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Bakmi Jawa Pak Blangkon

Bakmi Jawa Pak Blangkon

Meski sedang tidak berada di Jogja, namun tetap saja jika berkunjung ke Wonosobo, wisatawan tetap bisa merasakan hangat dan lezatnya semangkuk bakmi Jawa. Bakmi Jawa biasanya disajikan dalam keadaan panas sehingga bisa menghangatkan badan. Bakmi Jawa juga tersedia dalam varian gorengnya atau yang dicampur dengan nasi (magelangan).

Untuk menikmati bakmi Jawa yang murah dan lezat, pengunjung kota Wonosobo bisa datang ke Bakmi Jawa Pak Blangkon. Bakmi di sini sangat legit dan lezat rasanya. Aneka jenis bakmi Jawa pun tersedia, mulai dari yang goreng, kuah (godhog), maupun yang goreng namun ada kuahnya sedikit (bakmi nyemeg). Semuanya lezat dan harganya murah.

Lokasi: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Puntuk Sari, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

7. Martabak Marparis

Martabak Marparis

Untuk yang menggemari makanan manis, martabak bisa dijadikan pilihan. Wonosobo memiliki banyak sekali tempat untuk membeli martabak yang sangat enak dan legit. Martabak di sini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu martabak manis (terang bulan) atau martabak telur (asin) yang biasanya dibuat dari campuran telur, daun bawang, dan isian daging cincang.

Jika ingin membeli martabak, datang saja ke Martabak Marpais. Warung martabak ini mejual martabak manis dan martabak telur dalam aneka varian. Untuk martabak manisnya, pengunjung bisa menikmati aneka jenis isian seperti coklat, pisang, kacang, serta coklat batangan dan topping kekinian yang bakal disukai oleh anak-anak muda.

Lokasi: Singkir, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

8. Ayam Geprek Bu Tini

Ayam Geprek Bu Tini

Ayam geprek adalah jenis makanan yang populer satu dekade belakangan ini. Jika ingin menikmati ayam geprek dengan cabe yang sangat menggugah selera tentunya, di Wonosobo ada banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tujuan ketika ingin menyantap kuliner lezat ini. Di sana, pengunjung bisa menyantap ayam krispi yang diuleg bersama sambel ini.

Ayam geprek yang terkenal di Wonosobo adalah Ayam Geprek Bu Tini. Di tempat ini, siapapun bisa wisata kuliner dengan menyantap ayam geprek yang renyah dipadu dengan ulegan cabe yang pedas dan menggugah selera. Ini alasannya kenapa warung yang sebenarnya tidak terlalu luas ini selalu padat pengunjung sehari-harinya.

Lokasi: Tosari No 72, RT.04/RW.03, Sruni, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.