By - - 0 Comments

Kurang tidur bisa membuat Anda merasa sangat mengantuk seharian. Namun, kenapa ngantukan padahal tidur cukup?

Merasa sangat mengantuk padahal sudah tidur cukup bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk gangguan tidur, gangguan tiroid, gangguan kesehatan mental, dan anemia.

Meskipun umumnya tidak serius, mengantuk terus-menerus bisa jadi merupakan gejala masalah kesehatan tertentu yang memerlukan pengobatan atau perawatan secara medis.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa alasan kenapa kita mengantuk terus padahal sudah tidur cukup berikut ini.

Kenapa ngantukan padahal tidur cukup?

Beberapa kondisi dan masalah kesehatan tertentu bisa jadi penyebab seseorang merasa mengantuk terus padahal sudah tidur cukup, termasuk gangguan tiroid, gangguan tidur, dan gangguan kesehatan mental.

Disarikan dari Cleveland Clinic dan Healthline, berikut adalah beberapa penyebab sering mengantuk yang perlu diketahui.

Gangguan tidur Mengantuk terus-menerus bisa membuat Anda sulit konsentrasi dan lelah seharian.

Beberapa jenis gangguan tidur yang bisa membuat Anda merasa mengantuk terus meskipun sudah cukup tidur, yakni sindrom kaki gelisah, narkolepsi, hipersomnia, dan apnea tidur.

Gangguan tiroid Sering mengantuk di siang hari bisa jadi gejala gangguan tiroid. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak bisa memproduksi hormon tiroid yang cukup. Akibatnya, metabolisme tubuh akan melambat, serta membuat Anda merasa mudah lelah dan mengantuk.

Asupan makanan yang tidak sehat Asupan makanan yang tidak sehat akan berdampak negatif pada energi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Tubuh yang kekurangan kalori dan nutrisi, seperti protein, akan memecah lemak dan otot untuk memenuhi kebutuhan energi sehingga membuat seseorang merasa lelah dan mengantuk.

Gangguan kesehatan mental Gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan atau depresi, bisa membuat Anda merasa lelah seharian, meskipun sudah tidur cukup.

Bahkan, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental juga akan sulit untuk tidur atau tidak bisa tidur lagi setelah terbangun di malam hari.

Anemia Merasa sangat lelah dan mengantuk bisa jadi gejala anemia yang membuat seseorang memiliki energi yang lebih sedikit. Selain merasa mengantuk terus, anemia juga bisa menyebabkan gejala lainnya, seperti napas pendek, nyeri dada, pening, kulit pucat, dan telinga berdenging.

Kekurangan vitamin dan mineral Kekurangan vitamin dan mineral dapat membuat Anda merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari meskipun sudah tidur selama tujuh jam di malam hari.

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang jadi penyebab sering mengantuk, yakni zat besi, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin D, vitamin C, dan magnesium.

Terlalu banyak kafein Konsumsi kafein yang berlebihan, termasuk dari kopi dan teh, dapat meningkatkan kadar energi tetapi akan membuat Anda merasa lebih lelah di kemudian hari.

Pasalnya, kafein akan berdampak negatif pada kualitas tidur di malam hari dan membuat Anda merasa sangat mengantuk. Dehidrasi Menjaga kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting untuk mempertahankan energi.

Kekurangan cairan tubuh, atau dehidrasi, akan membuat energi cepat habis dan mengalami penurunan kemampuan konsentrasi.

Kelebihan berat badan atau obesitas Menjaga agar berat badan tetap stabil sangatlah penting agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga.

Selain bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, serta meningkatkan risiko kelelahan dan mengantuk terus-menerus.

Jarang olahraga Memiliki gaya hidup sedentary di mana seseorang kurang aktif bergerak, bisa membuat Anda mudah mengantuk meskipun sudah tidur cukup.

Berolahraga secara teratur setidaknya selama 30 menit sehari setiap lima kali seminggu akan menjaga kadar energi sehingga terhindar dari rasa mengantuk.

Beberapa kondisi dan masalah kesehatan di atas bisa membuat Anda sering mengantuk walaupun sudah tidur cukup selama tujuh jam setiap malam.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi dan segera ke dokter jika diperlukan.

Pemeriksaan lebih lanjut secara medis akan dilakukan sehingga Anda bisa tahu alasan kenapa ngantukan padahal tidur cukup sehingga bisa mendapatkan pengobatan atau perawatan medis yang diperlukan.