By - - 0 Comments

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat harapan hidup masyarakat Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2020. Untuk laki-laki meningkat menjadi 69,59 dari  sebelumnya sebesar 69,44 sedangkan untuk wanita meningkat menjadi 73,46 dari sebelumnya sebesar 73,33. Sebagian besar wanita yang telah mengalami menopause, satu dari tiga wanita akan mengalami patah tulang osteoporosis atau Alzheimer.

Kerusakan akibat kondisi ini tentu dapat ditunda atau dihindari dengan mengubah gaya hidup yang tepat sedari dini. Perlunya tenaga kesehatan untuk mengedukasi masyarakat perihal pentingnya memulai dan menjaga pola hidup sehat sejak dini. Hal yang menarik terjadi di kalangan remaja adalah concern mereka terhadap diet yang sehat dan tepat. Diet, kesehatan dan gaya hidup yang tepat akan memungkinkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Olahraga yang dilakukan sepanjang hidup, khususnya di masa tua akan membantu menghindari osteopenia, osteoporosis, dan sarcopenia. Olahraga tentu saja memiliki manfaat lain dalam meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular. Olahraga berat selama dua menit memiliki efek yang sangat mirip dengan dua atau tiga jam jogging dan efek yang lebih baik dalam hal perubahan metabolisme dalam mengurangi kadar lemak darah postprandial. Indeks massa tubuh dan lingkar tubuh sangat penting dalam melakukan diet sehat. Angka yang terlihat di timbangan bukan merupakan tolak ukur keberhasilan diet. Melainkan jika kita memiliki indeks massa tubuh yang normal dan lingkar tubuh yang ideal.

Berenang memiliki manfaat khusus bagi wanita pascamenopause. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan setelah 24 minggu, terjadi penurunan 15% lemak tubuh dan 8% penurunan tekanan darah. Berenang bermanfaat bagi sendi yang menua dan bagi mereka yang menderita radang sendi, air bertindak sebagai bantalan untuk melindungi pinggul dan lutut, aktivitas air meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Diet seimbang itu penting; mengatur porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, mengonsumsi vitamin, menghindari gula, karbohidrat dan garam yang berlebihan. Sayangnya, masalah obesitas dan gaya hidup yang buruk saat ini sudah terbukti dengan sendirinya. Terbukti banyak orang menikmati pola hidup tidak sehat dan terbiasa mengonsumsi junk food.

Ada salah satu metode diet yang digunakan oleh mayoritas orang seperti melakukan diet OCD dengan mengatur jendela makan dan puasa. Hal ini akan meningkatkan metabolisme glukosa individu setelah beberapa minggu, selain memfasilitasi penurunan berat badan. Sehingga risiko sindrom metabolik dan obesitas dapat dikurangi dengan cara sederhana seperti berpuasa atau mengatur jendela makan. Metode diet apapun jika dijalani secara tepat dengan tetap melakukan olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dan meningkatkan angka harapan hidup di Indonesia.